Breaking News
Home / Militer / REAKSI CEPAT POS 1 SSK II IBU DALAM MENGEVAKUASI WARGA PADA SAAT BANJIR

REAKSI CEPAT POS 1 SSK II IBU DALAM MENGEVAKUASI WARGA PADA SAAT BANJIR

Halmahera Barat. Hampir sebulan lebih cuaca yang sangat ekstrim terjadi di Provinsi Maluku Utara khususnya di daerah kepulauan Halmahera. Hujan terus menerus selama satu minggu yang melanda di desa Ibu Kec Ibu Utara Kab Halmahera Barat mengakibatkan banjir setinggi 1 meter.
Pagi 28 januari 2019, dalam hal ini langsung di respon oleh Satgas Yonif 731/Kabaresi Pos 1 SSK II Ibu untuk segera melihat dan mengevakuasi para korban ke tempat yang lebih aman. Sertu Muh Lutfi yang menjadi Danpos Ibu segera memerintahkan Anggotanya agar melihat secara langsung kondisi yang terjadi dilapangan.
Pada saat melaksanakan penyisiran di areal yang terdampak banjir Anggota Pos 1 SSK II Ibu melihat nenek-nenek yang sudah berusia lanjut yang pada saat itu belum sempat menyelamatkan diri karena fisiknya yang sangat renta dan lemah menuju ke tempat yang lebih tinggi atau daerah yang tidak tergenang air yaitu di masjid desa setempat.
Diketahui nenek tersebut bernama Tatih (68), tanpa berfikir panjang Anggota Satgas Pos 1 SSK II ibu dengan segera mengevakuasinya dengan cara menggendong karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk menuju ke masjid atau daerah yang tidak tergenang air agar bisa bermalam sembari menunggu genangan air surut.
Keesokan harinya banjir sudah mulai surut para korbanpun segera kembali kerumah mereka masing-masing. Dengan kondisi yang masih penuh lumpur Anggota Pos 1 SSK II saling membantu untuk mengangkat perabotan warga dari tempat pengungsian ke rumah warga. Beruntung dalam bencana banjir ini tidak memakan korban jiwa. Namun kerugian yang di akibatkan adalah rusaknya jembatan yang mengubungkan antara desa Ibu dengan desa kampung baru sehingga mengakibatkan terputusnya akses menuju menuju ke desa Kampung Baru maupun sebaliknya.
Sertu Muhammad Lutfi Danpos 1 SSK II Ibu berencana akan bekerja sama dengan pihak pemerintah desa untuk merehab atau membangun ulang jembatan yang rusak akibat bencana Banjir ini. Serta akan berupaya semaksimal mungkin dalam membantu kesulitan rakyat.*imbuhnya

Check Also

Dan Satgas Beserta Personil Satgas TMMD KE-110 KODIM 1510/Sula Menyerahkan Bantuan Kitab Suci Al-Qur’an, Di Desa Sasaran TMMD. 26-Maret-2021

Sanana – Sebelum Melaksanakan sholat jumat, Dansatgas TMMD Ke-110 Kodim 1510/Sula Beserta Personil Satgas TMMD, …