Breaking News
Home / Militer / PENAKLUKAN KALI ONAT OLEH SATGAS TMMD KE 108 KODIM 1505/TIDORE

PENAKLUKAN KALI ONAT OLEH SATGAS TMMD KE 108 KODIM 1505/TIDORE


MABA_(08/07/2020) Maba Tengah banyak menyimpan misteri mistis yang kadang membuat hampir sedaratan masyarakat tersebut ngeri bila mendengar namanya. 

Adalah sebuah desa yang bernamakan martana jaya . kampung yang berada jauh di pedalaman Maba tengah ini berjarak 27 km dari lokasi pos Kotis TMMD dengan salah satu lokasi sasaran TMMD ke 108 Kodim 1505/Tidore yaitu pembuatan Saluran air sepanjang 83 meter. Namun ada hal menarik dari kampung tersebut yang  cukup ekstrem bila dilihat, didengar dan dirasakan. 

Orang Nekat Akan Mati( ONAT ) merupakan sebuah nama sungai terbesar di daratan Maba tengah,. Nama dan singkatan nya saja sudah membuat penasaran dan merinding bulu kuduk bagi yang mendengar . Sungai dengan panjang  70 km lebih dan lebar 85 meter ini sdh banyak menelan korban 8 orang warga martana jaya. Hal ini membuat nama sungai onat semakin ngeri di jajaran sungai maba tengah . 

Namun bukan Satgas TMMD namanya bila nyali dan mentalnya terciut oleh sosok alam yang menjadi rumah dan surga sang hantu rimba. Perjuangan keras para anggota Satgas TMMD menjadi sorotan masyarakat setempat. Bagaimana tidak, derasnya arus sungai karena curah hujan yang meningkat tidak jadi masalah di dalam penyebrangan material papan dan kayu demi kebutuhan pengerjaan saluran air . “Arus sungai yang besar sewaktu-waktu bisa muncul tiba-tiba dari arah pegunungan, untuk  itu kita harus bergerak cepat”,tutur Nurdin Sangaji salah seorang tokoh masyarakat yang selalu mendampingi anggota satgas dalam bekerja. Sangat berhati-hati dalam melangkah penelusuran arus sungai dengan kunci keberanian mental dan kemampuan fisik yang terbina ,menjadikan halangan dan rintangan alam sebagai tempat latihan setiap hari.

Hal ini yang menjadikan masyarakat martana jaya sangat berterimakasih kepada satgas TMMD. Bahkan masyarakat setempat rela berbagi hasil kebun berupa Kasbi dan pisang   sebagi ucapan terimakasih kepada anggota satgas TMMD yang telah banyak membantu kesulitan warga setempat.

TAK KAN MUNDUR WALAU SEJENGKAL_

SATGAS TMMD KE 108 KODIM 1505/TIDORE JAYA.

Satgas TMMD 108

Check Also

Dan Satgas Beserta Personil Satgas TMMD KE-110 KODIM 1510/Sula Menyerahkan Bantuan Kitab Suci Al-Qur’an, Di Desa Sasaran TMMD. 26-Maret-2021

Sanana – Sebelum Melaksanakan sholat jumat, Dansatgas TMMD Ke-110 Kodim 1510/Sula Beserta Personil Satgas TMMD, …