Breaking News
Home / Militer / Peduli Akan Lingkungan Dan Cinta Terhadap Alam Sekitar, Satgas Yonif 734 Adakan Penanaman Pohon Serentak

Peduli Akan Lingkungan Dan Cinta Terhadap Alam Sekitar, Satgas Yonif 734 Adakan Penanaman Pohon Serentak

Tobelo – Kamis, 19 September 2019. Negara Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumber daya Alam merupakan negara yang memiliki hutan yang sangat luas yakni 128 juta Ha. Di tengah kondisi dunia yang sedang di landa oleh efek global Warming ( Efek rumah kaca) yaitu meningkatnya gas karbonmonoksida ( CO2) dan gas lainnya disebabkan banyak nya pembakaran bahan bakar minyak, Batu bara, dan bahan bakar organik lainnya yang melebihi kemampuan tumbuh tumbuhan untuk menyerapnya sehingga energi panas yang di pancarkan Matahari di pantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah oleh permukaan Bumi hal ini membuat penduduk bumi merasakan panas yang berlebihan. Ini di tandai dengan melelehnya es di kutub utara dan di kutub selatan. Mengingat Indonesia merupakan Jantung paru paru dunia, yang memiliki luas hutan urutan ke – 9 setelah Argentina. Atas kejadian tersebut serta dalam rangka menyambut HUT TNI KE 74 satgas yonif 734 / SNS melaksanakan penghijauan di Bumi Maluku dan Maluku Utara.

Menurut Dansatgas 734 / SNS, Letkol Inf Edwin Charles. Penghijauan ini merupakan kegiatan yang memupuk rasa solidaritas untuk peduli terhadap lingkungan. Dalam rangka menyambut HUT TNI ke 74 serta untuk memupuk Rasa cinta agar peduli dalam menjaga lingkungan, kami menggalakkan Gerakan Peduli Lingkungan dengan menanam pohon setiap hari kamis. Sehingga dengan adanya gerakan tersebut kami bersama aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, serta jajaran kepala desa, Siswa Pramuka, dan pencinta Alam menyumbangkan dedikasi nya bergotong royong membantu satgas 734 / SNS melaksanakan penghijauan di bumi maluku dan maluku utara, sasaran penanaman pohon dari Satgas yonif 734/SNS meliputi seluruh kompi di jajaran satgas dari Pos Kotis SSK I sampai SSK IV , selain dari kelompok Pramuka, Aparat Pemerintahan dari pemerintahan Desa, Kecamatan Sampai Kabupaten juga warga masyarakat.

Pelaksanaan hari kamis (19/9/2019) Kotis dan Anoa lokasinya di Desa Gosoma Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara.
Taman toboko dan area perkantoran perikanan kota ternate.
Jumlah tanaman 160 pohon, terdiri dari pohon mangga, pohon Pala, Pohon Ketapang dan pohon gelondongan.
SSK I di Desa Popilo kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara.
Jumlah tanaman 100 pohon terdiri dari Pohon Jambu monyet, pohon Pala, dan pohon Samama.
SSK II di Desa Gau Kecamatan Buli Kabupaten Maba
Jumlah tanaman 100 pohon,terdiri dari Pohon langsa, Pohon Duku, dan Pohon Rambutan.
SSK III di Desa Bajo Kecamatan Kayoa.
Jumlah tanaman 100 pohon,terdiri dari Pohon Cengkeh, Pohon Pala dan Pohon Rambutan.
SSK IV di Dusun Ahuru, Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Ambon.
Jumlah tanaman 100 Pohon, terdiri dari Pohon Durian, Pohon Mangga, Pohon Rambutan dan Pohon Matoa.

Semua kegiatan penanaman serentak pada hari Kamis, hanya pelaksanaan jamnya yang berbeda beda.
Dalam pelaksanaannya berlangsung dengan lancar, para Prajurit bahu- membahu bersama Aparat pemerintahan baik dari Desa sampai kabupaten dan warga masyarakat sangat antusias ikut membantu kegiatan tersebut.
Penyonif 734/SNS.

Check Also

Dan Satgas Beserta Personil Satgas TMMD KE-110 KODIM 1510/Sula Menyerahkan Bantuan Kitab Suci Al-Qur’an, Di Desa Sasaran TMMD. 26-Maret-2021

Sanana – Sebelum Melaksanakan sholat jumat, Dansatgas TMMD Ke-110 Kodim 1510/Sula Beserta Personil Satgas TMMD, …