Home / Militer / Korem 152/Baabullah Siap Siaga Penanggulangan Bencana Di Maluku Utara.

Korem 152/Baabullah Siap Siaga Penanggulangan Bencana Di Maluku Utara.

Ternate-Kepala Staf Korem 152/Baabullah, Kolonel Inf Wawan Subarjo membuka latihan penanggulangan bencana alam (LATGULBENCAL) Korem 152/Baabullah, bertempat di Gedung Lapangan Tennis Semi Indoor Pelti Cabang Kota Ternate, Kel. Santiong Kec. Ternate Tengah Kota Ternate Maluku Utara. Senin, (15/11/2021).

Dalam sambutannya Kasrem 152/Baabullah mewakili Komandan Korem menyampaikan bahwa, semoga dengan dilaksanakan acara pembukaan ini akan menjadi pendorong tekad dan semangat kita dalam melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam, sehingga masing-masing pelaku latihan dapat melaksanakan latihan dengan baik sesuai tugas dan tanggung jawabnya. prosedur dan mekanisme kerja serta analisa dalam penanganan masalah yang terjadi di wilayah dapat diambil dengan keputusan yang tepat dan cepat, sehingga memberikan hasil yang optimal dalam rangka mendukung kelancaran tugas Korem 152/Baabullah dalam melaksanakan Operasi bantuan kepada pemerintah daerah untuk mengatasi akibat bencana alam yang ada di Wilayah Provinsi Maluku Utara khususnya Ternate.

Perlu kita ketahui bersama bahwa kondisi geografi wilayah maluku utara yang terdiri dari pulau-pulau yang dipisahkan oleh laut sehingga potensi bahaya bencana alam gunung berapi, banjir lahar panas dan lahar dingin dapat saja terjadi terlebih aktifitas kegempaan vulkanis maupun hembusan abu vulkanik sangat intens menggambarkan aktifitas vulkanis Gunung Gamalama ini sangat aktif, oleh karenanya pada hari ini kita melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam.

Kegiatan latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan teritorial dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam juga untuk mensinergikan hubungan kerja dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan operasi bantuan melalui pola operasi militer selain perang.

Korem 152/Baabullah sebagai satuan komando kewilayahan mempunyai tugas membantu pemerintah daerah dalam menangani bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah Provinsi Maluku Utara khususnya di wilayah kota ternate, sehingga pelaksanaan roda pemerintahan tetap dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Oleh karena itu sebagai aparat satuan komando kewilayahan bersama-sama pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat, perlu memantapkan kerjasama dan koordinasi dalam menangani bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah Maluku Utara.

Sementara itu, Kapenrem 152/Baabullah Letda Inf Abdul Karim menambahkan bahwa dengan latihan penanggulangan bencana alam ini, diharapkan pelaku latihan mampu menyerap dan dapat memecahkan permasalahan yang terjadi di wilayah ini dengan baik dan tepat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, para Kasi Kasrem 152/Baabullah, Kadis Sosial Bpk. Burhanudin Abdullah Kadir, Kadis Kominfo Ternate Bpk. Anas Konoras, Kakansar Kota Ternate M. Arafah, Kepala BPBD Kota Ternate Bpk. Arif Ghani, Para Kabalak Aju Jajaran Korem 152/Baabullah, Kasdim 1501/Ternate Letkol Inf Chandra Putra Rahman, SH, Para Pelaku Latgulbencal yang terdiri dari Pa Ba Ta Jaj Korem 152/Bbl, Basarnas Kota Ternate, BPBD Kota Ternate, Satpol PP Kota Ternate dan Tagana Kota Ternate.

(PENREM 152)

Check Also

DANREM 152/BAABULLAH BERI ARAHAN KEPADA PRAJURIT, PNS SERTA PERSIT KODIM 1505/TIDORE

TIDORE – Komandan Korem 152/Baabullah, Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito S.I.P,. M.Si. melakukan kunjungan kerja …