Breaking News
Home / Militer / KORBAN PENDAKI GUNUNG BERHASIL DITEMUKAN, PROSES EVAKUASI BERLANGSUNG DRAMATIS

KORBAN PENDAKI GUNUNG BERHASIL DITEMUKAN, PROSES EVAKUASI BERLANGSUNG DRAMATIS

Ternate (21/06), Setelah sebelumnya dinyatakan hilang pendaki an. Rahma Abdul Kadir (21 Thn) akhirnya berhasil ditemukan dan langsung dievakuasi oleh tim SAR gabungan pada kamis pagi.

Sejak dilaporkan hilang pada rabu siang kemarin, tim yang terdiri dari Petugas SAR Ternate, TNI dan Polri serta masyarakat Kel. Moya kemudian bergegas melakukan merencanakan pencarian. Diawali dengan pemetaan lokasi puncak aman Gn. Gamalama yang berada di ketinggian 1.500 Mdpl tersebut berdasarkan lokasi terakhir mereka berkemah sehingga dapat ditentukan parimeter pencarian berdasarkan karvak di peta. Sejak sore tim advance mulai melakukan pendakian yang memakan waktu hingga 4 jam , namun sayangnya setelah mencapai lokasi kondisi sudah gelap dan tim melakukan pencarian secara terbatas dengan menggunakan penerangan seadanya, pada malam hari tim kedua diluncurkan dari posko pencarian di Kel. Moya dengan membawa serta warga sekitar yang hafal dengan kondisi medan Gn. Gamalama. Proses pencarian hingga dini hari belum juga membuahkan hasil sehingga tim membuat keputusan untuk menunda sekaligus memberikan waktu mereka untuk istirahat.

Ketika sang fajar mulai nampak dari ufuk timur dan cahayanya mulai menerangi area pencarian dilanjutkan dengan area pencarian yang lebih luas. Perjuangan panjang pun akhirnya menemui titik terang dimana dari kejauhan nampak ada seseorang yang sedang duduk tertelungkup sehingga tim segera menghampirinya dan benar, korban ditemukan dalam kondisi lemah dan hipotermia (kedinginan), korban kemudian diberikan pertolongan pertama guna memulihkan kondisi dengan diberikan makan dan minum. Kemudian tim mengevakuasi korban dengan menggunakan tandu, kondisi gunung yang baru diguyur hujan cukup menyulitkan tim melakukan evakuasi namun dengan kerjasama yang baik akhirnya korban berhasil diselamatkan kemudian dilarikan ke fasilitas kesehatan guna mendapatkan pertolongan medis.

Sementara itu dalam keterangannya Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Iriono menyampaikan bahwa kita patut bersyukur dan mengapresiasi atas kerjasama tim sehingga berhasil menemukan dan mengevakuasi korban yang sempat hilang. (Penrem 152)

Check Also

Dan Satgas Beserta Personil Satgas TMMD KE-110 KODIM 1510/Sula Menyerahkan Bantuan Kitab Suci Al-Qur’an, Di Desa Sasaran TMMD. 26-Maret-2021

Sanana – Sebelum Melaksanakan sholat jumat, Dansatgas TMMD Ke-110 Kodim 1510/Sula Beserta Personil Satgas TMMD, …