Breaking News
Home / Militer / KEMENHAN RI GELAR SEMINAR SISTEM PERTAHANAN SEMESTA DI KOTA TERNATE
Setelah kegiatan melaksanaakan sesi foto bersama

KEMENHAN RI GELAR SEMINAR SISTEM PERTAHANAN SEMESTA DI KOTA TERNATE

pemberi materi seminar dari kemhan

Ternate ( 29/3/2018) Perwakilan Kementrian Pertahanan (PKP Kemenhan) RI Provinsi Maluku Utara bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Ternate  menggelar Seminar Pertahanan Semesta di Aula Lt II Kantor Walikota Ternate Kel. Kampung Pisang Kec. Ternate Tengah Kota ternate.

Asisten I Sekda Kota Ternate  Bapak Mochdar Din, saat membuka seminar ini mengatakan, menjaga kedaulatan dan pertahanan negara adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat dan bangsa Indonesia. “Bukan hanya tanggung jawab satu institusi saja, melainkan Pemerintah Daerah dan semua elemen masyarakat wajib terlibat aktif dalam keamanan negara, sesuai peranannya masing-masing dengan mendukung kebijakan pertahanan negara. Perkembangan kemajuan jaman akan selalu berimplikasi pada hadirnya ancaman-ancaman terhadap kedaulatan negara. “Ancaman nyata yang kita hadapi pada kondisi saat ini di Kota Ternate adalah masalah penyalahgunaan narkoba, adanya konflik sosial, radikalisme, terorisme,dampak kerusakan lingkungan hidup, dan masalah perbatasan.

Peserta seminar

Tak hanya itu, lanjutnya, masalah dari dampak negatif IT yaitu perkembangan media-media mainstream, sosial media dengan muatan informasi dan juga paham-paham yang dengan mudah diakses dan dapat merubah moral serta kepribadian warga negara. “Menghadapi ancaman-ancaman ini, maka dipandang sangat penting untuk melaksanakan pembinaan kewaspadaan diri, bela negara, diplomasi, iptek, ekonomi, sosial, moral dan dukungan penyelenggaraan pertahanan negara. Dengan demikian kita dapat bersama-sama meminimalisir dampak terjadinya ancaman-ancaman tersebut,” ucap Mahdi

Sementara itu pejabat PKP Provinsi Maluku Utara Kolonel Marinir Rahmat Djunaedy selaku pembicara dalam seminar tersebut menyampaikan paparan tentang menyiapkan sistem pertahanan semesta didaerah dalam mendukung pertahanan negara yang tangguh. “Sistem pertahanan negara kita Sishankam yang bersifat semesta, melibatkan tiga aspek, yaitu bagaimana menyiapkan wilayah kita, bagaimana menyiapkan sumber daya kita, bagaimana menyiapkan sebuah negara berdasarkan konstitusi. Menurut Kolonel Mar Rahmat, sistem pertahanan yang bersifat semesta melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya.  “Serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman,” cetusnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kesbangpol Kota Ternate Bapak Abdullah Sadik, S.IP, M.Si turut menjadi pembicara dengan materi peran pemerintah daerah Kota Ternate  dalam menyiapkan sistem pertahanan semesta dalam hal kebijakan dan strategi penataan ruang wilayah. “Kebijakan berupa perwujudan pembangunan yang berkelanjutan dengan menjaga harmonisasi kegiatan ekonomi, investasi, sosial dengan mempertimbangkan daya dukung dan kelestarian lingkungan serta menunjang aspek poltik, pertahanan dan keamanan. Sedangkan strategi yang diterapkan, sambung As.. yakni peningkatan fungsi pertahanan dan keamanan pada pusat kegiatan di wilayah .

Selain Kepala Kesbangpol Kota Ternate, seminar juga diikuti oleh unsur FKPD, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, Komunitas, mahasiswa serta kader bela negara (JK-1501)

Check Also

Dan Satgas Beserta Personil Satgas TMMD KE-110 KODIM 1510/Sula Menyerahkan Bantuan Kitab Suci Al-Qur’an, Di Desa Sasaran TMMD. 26-Maret-2021

Sanana – Sebelum Melaksanakan sholat jumat, Dansatgas TMMD Ke-110 Kodim 1510/Sula Beserta Personil Satgas TMMD, …