Breaking News
Home / Militer / BABINSA KORAMIL 03 / JAILOLO BANTU WARGA MEMBUKA AKSES JALAN PUTUS AKIBAT LONGSOR DI DESA BUKUBUALAWA.

BABINSA KORAMIL 03 / JAILOLO BANTU WARGA MEMBUKA AKSES JALAN PUTUS AKIBAT LONGSOR DI DESA BUKUBUALAWA.

BABINSA BERSAMA MASYRAKAT MEMBUKA JALAN DARI TANAH LONGSOR

Ternate (31/3/2018), Babinsa Koramil 03/Jailolo bersama warga setempat, melaksanakan kerja bhakti untuk membuka akses jalan yang menghubungkan Jailolo – Sidangoli tepatnya di desa Bukubualawa Kec. Jailolo Kab. Halmahera Barat.

Longsor tersebut terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dengan durasi waktu selama satu hari,sehingga tebing yang berada dikiri dan kanan jalan mengakibatkan tanahnya longsor dan kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melewati jalan tersebut. Hal itu membuat aparat desa setempat langsung berkoordinasi dengan babinsa dan Koramil 03/Jailolo untuk melakukan kerja bakti. Dengan kemampuan yang dimiliki seadanya, masyarakat secara bergotong royong dan bahu membahu bersama Babinsa membersihkan secara manual sambil menunggu alat berat dari pemerintah daerah. Menurut babinsa Desa Bukubualawa (Serda Subiyanto Himawan),sampai saat ini jalan sudah bisa dilalui namun kita menghimbau kepada warga agar berhati hati apablila melewati jalan yang bertebing karena ditakutkan akan terjadi longsor susulan,”Jelasnya,

Danramil 1501-03/Jailolo Kapten Inf Hidayah menjelaskan, pihaknya telah melaporkan kejadian itu ke Kepada Pemda Kab. Halbar serta Dinas terkait lainnya. Upaya Babinsa mengajak perangkat desa dan warga setempat melakukan pembersihan material longsoran supaya tidak menutup badan jalan dengan menggunakan alat seadanya, minimal akses jalan dapat dilintasi oleh warga setempat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Di tempat yang sama Kades Bukubualawa sangat berterimakasih kepada semua pihak terutama Babinsa yang selama ini terus ikut membantu warganya yang mengalami kesulitan,kedepan kades berharap agar kedekatan warga dengan aparat terutama Babinsa dan TNI pada umumnya semakin ditingkatkan.

 

Sementara itu dalam keterangannya Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos menyampaikan bahwa salah satu tugas babinsa dilapangan adalah membantu warga mengatasi kesulitan serta menjadi motor penggerak agar warga mau peduli terhadap lingkungannya tanpa harus menunggu pihak lain, akhir akhir ini intensitas hujan makin tinggi sehingga warga harus ekstra hati hati dan waspada bila terjadi bencana longsor sehingga bisa meminimalisir jatuhnya korban jiwa. Dandim  mengharapkan  agar warga jangan sungkan sungkan memberitahu Babinsa bila ada kejadian apapun dan sekecil apapun agar babinsa bisa mengantisipasi dan bisa membantu masyarakat (JK-1501)

Check Also

Dan Satgas Beserta Personil Satgas TMMD KE-110 KODIM 1510/Sula Menyerahkan Bantuan Kitab Suci Al-Qur’an, Di Desa Sasaran TMMD. 26-Maret-2021

Sanana – Sebelum Melaksanakan sholat jumat, Dansatgas TMMD Ke-110 Kodim 1510/Sula Beserta Personil Satgas TMMD, …