Home / TMMD / SATGAS TMMD GELAR SOSIALISASI PERANIAN KEPADA PETANI DI KAO BARAT

SATGAS TMMD GELAR SOSIALISASI PERANIAN KEPADA PETANI DI KAO BARAT

 

Kao (01/02), Dalam rangka kegiatan sasaran Non Fisik kegiatan TMMD ke-104 Kodim 1508/Tobelo dilaksanakan sosialisasi pertanian kepada para petani warga Desa Toliwang dan Desa Margo Mulyo bertempat di Aula Desa Toliwang.

 

Dalam acara sosialisasi tersebut dihadirkan para Narasumber dari Staf Teknis Dinas Pertanian Kab. Halut Sdr. Dagirogers Odara, S.St didampingi oleh Dan SSK Satgas Kapten Inf I Putu Artana serta diikuti oleh 50 peserta dari kedua desa, dalam sosialisasi tersebut narasumber membawakan materi Pengaruh air terhadap produksi pangan khususnya beras dan kondisi sosial masyarakat yaitu kegiatan pengembangan jaringan merupakan kegiatan pendukung usaha pertanian,khusus nya dalam penyediaan air untuk mendukung target pemerintah surplus beras.maka seluruh jajaran yg terlibat langsung maupun tidak langsung diharapkan dapat bekerja sama untuk kepentingan masyarakat pertanian, oleh karenanya Partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk tercapainya pembangunan yg lebih baik,untuk itu kegiatan pengembangan jaringan irigasi merupakan salah satu kegiatan utama.

 

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksankan sesi Tanya jawab, kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh para petani untuk bertanya maupun menyampaikan keluh kesah seperti yang diungkap oleh Bpk. Edy Pranoto dari kelompok tani Sumber makmur yang menyampaikan Kelompok kami mengalami kendala kurangnya jalan usaha tani sehingga sangat menghambat produktivitas pertanian dan lahan pertanian kami sering mengalami dampak banjir saat sungai toliwang meluap,kami mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah serta Mengenai lahan Pertambahan penggusuran tahun 2017 kami mohon solusi agar lahan tersebut bisa dapat aliran irigasi,sehingga dapat kami manfaatkan untuk bertanam padi.

 

Atas pertanyaan tersebut narasumber memberikan tanggapan bahwa untuk Jalan usaha tani tidak lagi ada alokasi dana khusus dari pemerintah, karena untuk pengadaan jalan usaha tani sekarang menjadi tanggung jawab desa dan diusulkan melalui ADD.kalopun memang ada bantuan dari pemda merupakan kebijakan, kemudian Mengenai aliran irigasi,sebenernya program TMMD tahun ini sudah menjawab permasalahan tersebut,karena diharapkan dengan adanya normalisasi sungai dapat memperlancar aliran irigasi ke lahan masyarakat, Selain itu jaringan irigasi diwilayah Kao Barat terhambat masalah debit air yang kurang mencukupi dan kami sudah berusaha melalui program pompanisasi tetapi mita juga terkendala dengan belum adanya tenaga ahli dan Saluran irigasi diwilayah Torawat merupakan saluran sekunder dan itu menjadi tanggung jawab provinsi,tetapi kami akan berusaha membawa permasalahan ini kepejabat terkait di provinsi. (WYU-1508)

 

Check Also

Satgas TMMD ke- 104 Kodim 1508/Tobelo Gelar Penyuluhan Kesehatan

Kao Barat, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1508/Tobelo yang digelar di beberapa Desa …